Beberapa panduan Cara Flash Asus Zenfone 5 Lengkap

Asus Zenfone 5 merupakan salah satu smartphone dari vendor Asus yang paling laris dipasar indonesia karena memiliki kualitas dan spesifikasi yang cukup tinggi dan dibadrol dengan harga yang murah jika dilihat dari spesifikasi yang dibawanya. Asus Zenfone 5 ini diposisikan untuk bersaing di kelas menengah dan bersaing dengan beberapa vendor lainya yang juga tidka kalah bagusnya seperti Xiaomi redmi, Moto G dsb.  Dan Asus Zenfone 5 hadir dengan layar yang lumayan lebar yakni 5 inchi dan memiliki resolusi cukup bagus dan sudah HD 720 x 1280 pixels. Layar Asus Zenfone 5 sudah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3.Beberapa panduan Cara Flash Asus Zenfone 5 Lengkap

Menggunakan Chipset Intel Atom Z2580 Asus Zenfone 5 juga sudah ditanamkan prosesor Dual Core 2 GHz, GPU PowerVR SGX544MP2 dan terdapat memori RAM 2 GB dan memori internalnya sebesar 8 GB. Dan jika memori internal masih kurang, anda juga bisa menambahkan memori external / sd card / micro sd maksimal 64 GB. Dengan begitu anda tidak akan ada kekhawatiran memori Asus Zenfone 5 anda penuh atau kurang.

Asus Zenfone 5 juga dilengkapi dengan dual kamera dengan kamera utamanya beresolusi 8 MP berfitur autofokus dan juga LED Flash yang mampu menambah kualitas hasil foto Asus Zenfone 5 ini. Dan untuk kamera depannya Asus Zenfone 5 menggunakan lensa 2 MP sehingga bisa anda gunakan untuk video call mengunakan skype, whatsapp atau live di instagram dan juga facebook anda.

Beberapa kelebihan dari Asus Zenfone 5 ini dari desainnya yang lumayan berkelas dan juga elegan, layarnya yang sudah menggunakan teknologi IPS dan memiliki resolusi HD sehingga memiliki kualitas gambar yang tajam, namun juga masih memiliki beberapa kekurangan misal dari baterai yang hanya menggunakan 2110 mAh, Android masih versi 4.3 Jelly bean namun masih bisa diupgrade / update ke vesi 4.4 Kitkat dan jaringan internet masih 3G HSDPA belum menggunakan 4G LTE.

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan di smartphone android dari merubah sistem yang telah diprogramkan sampai mengganti ROM menjadi yang lebih bagus lagi dengan Custom ROM. Namun banyak yang tidak mengetahui apa saja yang bisa terjadi jika kita salah mengotak atik android kita. Dan yang paling sering ditemui adalah Asus Zenfone 5 Bootloop. Bootloop terjadi tidak hanya karena mengotak atik file ROM atau sistem akan tetapi saat bermain game dan tiba tiba crash dan saat dinyalakan hanya bisa stuck di logo asus saja, dan itulah yang disebut dengan bootloop.

Mengatasi Asus Zenfone 5 Bootloop ada banyak cara dan yang pertama bisa anda lakukan adalah yang tanpa pc atau dengan cara hard reset asus zenfone 5 anda via recovery mode. Cara melakukan hard reset asus zenfone 5 ini yang pertama matikan asus zenfone 5 nda dan tunggu beberapa detik. Selanjutnya tekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan dan tahan sampai muncul beberapa pilihan. [Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menggerakan dan tombol power untuk memilih] pilih pada Factory Reset lalu tekan tombol power. Dan Asus Zenfone 5 anda sudah ter reset tinggal menunggu hasilnya saja. Jika kerusakan sistem atau software pada asus zenfone 5 anda tidak parah maka akan berhasil mengembalikan zenfone 5 anda kesemula namun jika masih tetap bootloop dan stuck di logo berarti anda hasrus melakukan flashing asus zenfone 5 via pc.

Untuk tutorial cara Hard Reset Asus Zenfone 5 jika belum paham atau masih bingung anda bisa melihatnya disini :

Cara Flash Asus Zenfone 5 via PC ada dua cara yang pertama adalah menggunakan Asus Flashtool dan yang kedua adalah menggunakan ADB Fastboot. Dan yang pertama akan kita bahas adalah cara flashing asus zenfone 5 via Asus Flashtool. Dan berikut tutorialnya :

Cara Flash Asus Zenfone 5 Via Asus Flashtool :

  1. Yang harus dilakukan pertama kali sebelum flashing firmwre / stock ROM asus Zenfone 5 anda adalah download beberapa bahan yang harus andapunyai :
    1. Driver Disini
    2. Asus Flashtool Disini atau versi lainnya disini
    3. Firmware / Stockrom Asus Zenfone 5 Disini
  2. Selanjutnya silahkan Install Driver di PC / Komputer anda agar HP asus Zefone 5 anda bisa terdeteksi di Asus Flashtoolnya nanti.
  3. Setelah diinstall sekarang buka Asus FlashtoolnyaCara Flash Asus Zenfone 5
  4. Sekarang tinggal pastikan di bagian Model sudah terpilih type A500CG

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  5. Sekarang Masukkan File Asus Zenfone 5 Firmware dari yang sudah diextract dan pastikan formatnya .RAW

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  6. Selanjutnya Matikan hp asus Zenfone 5 anda dan diamkan beberapa detik lalu tekan tombol Volume Atas + Bawah secara bersamaan sampai masuk ke fastboot Mode lalu sambungkan ke PC dengan kabel data asus anda
  7. Tunggu beberapa saat Driver mengenali Asus Zenfone 5 anda dan di Asus Flashtool akan otomatis muncul seperti berikut ini  yang menandakan Asus Zenfone 5 anda sudah terdeteksi

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  8. Jika sudah tinggal Klik Start saja dan tunggu Flash Stockrom Asus Zenfone 5 anda berjalan
  9. Dan jika sudah muncul Flash image successfully maka Flashing asus Zenfone 5 anda telah berhasil dilakukan dan Asus Zenfone 5 anda akan otomatis booting dengan sendirinya

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  10. Selesai

Pada tutorial selanjutnya adalah tutorial cara Flashing Asus Zenfone 5 Via ADB Fastboot

Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB Fastboot :

  1. Pertama Download semua bahan yang diperlukan untuk flashing asus zenfone 5 via fastboot mode berikut bahan bahannya :
    1. Driver Asus
    2. Minimal ADB FAstboot Disini 
    3. Firmware Asus Zenfone 5 [A500CG (T00F) – A501CG (T00J)] Disini [Google Drive
  2. Setelah didownload bahan bahan dan juga Firmwarenya sekarang kita mulai flashingnya
  3. Install ADB Fastboot di PC anda
  4. Selanjutnya Copy file Firmware Asus Zenfone 5 tersebut ke folder ADB Fastboot yang sudah diinstall biasanya di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot dan hasilnya seperti berikut :

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  5. Selanjutnya Rename File Firmware / stockrom tersebut menjadi user.zip seperti berikut :

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  6. Sekarang matikan Asus Zenfone 5 anda dan diamkan sebentar, sekarang tekan tombol Volume Atas+Power secara bersamaan untuk masuk ke fastboot mode setelah masuk ke fastboot pilih menu recovery  [gunakan volume atas bawah untuk navigasinya dan tombol power untuk memilih]
  7. Disana nanti Asus Zenfone 5 anda akan restart dan muncul tulisan Tidak ada perintah dan jiak sudah sampai disini tekan tombol volume atas
  8. Sekarang anda akan berada di menu recovery dan selanjutnya pilih apply update from ADB.
  9. Sambungkan Asus Zenfone 5 anda ke PC via kabel data.
  10. Dan sekarang di folder ADB tadi di PC tekan tombol CTRL+SHIFT+Klik kanan didalam folder tersebut dan pilih open commmand window here. dan anda akan masuk ke fastboot CMD.

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  11. Di CMD ketikkan adb device lalu enter
  12. Jika muncul seperti gambar dibawah ini maka device Asus Zenfone 5 anda terdeteksi oleh PC

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5 via Fastboot

  13. Selanjutnya ketikkan adb sideoad user.zip lalu enter

    Cara Flash Asus Zenfone 5

    Cara Flash Asus Zenfone 5

  14. Jika Sending telah mencapai 100% Flashing Firmware Asus Zenfone 5 anda akan berlangsung otomatis
  15. Setelah Flashing selesai di hp anda akan tertulis Install from ADB complete dan anda tinggal pilih reboot system now.
  16. Selesai

Dan kiranya seperti itulah dua cara flashing Asus Zenfone 5 menggunakan Asus Flashtool dan juga ADB Fastboot. Silahkan anda pilih sesuai yang anda anggap mudah. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk teman teman semua. Jika kiranya artikel ini membantu anda dalam memperbaiki kerusakan pada Asus Zenfone 5 anda share ke teman teman anda agar bisa bermanfaat untuk semuanya.

Sekian Dan Terimakasih

Incoming search terms:

  • Asus zefone 2 tidak terdeteksi adb